Thursday, June 21, 2018

The second pregnancy

I'm 36w 2d today, and due July 2018.
Postingan yang sangat terlambat :D
Tapi sekali lagi, untuk saya yang merasa infertil, saya posting untuk menyemangati ibu2 diluar sana yang lagi TTC. Saya (yang pernah dan mungkin masih) PCO, bisa hamil lagi, tak disangka tak diduga.

Anak pertama saya, skrg usianya 4 tahun. 
Saya sempet pake IUD ketika anak pertama usia 14 bulan. Pake merk cooper T, dan hanya satu tahun karna ngga cocok. 
Setelah lepas iud, saya minum pil kb, dan ngga rutin juga sih minumnya. Entah yang kelewatan jamnya (padahal harus diminum di jam yang sama), atau bahkan bablas sama sekali. pokoknya mungkin cuma sempet minum pil KB itu 6 bulan, dan berhenti karna ngga cocok. Entah kenapa tuh rambut saya rontok parah ketika minum pil KB.

Setelah berhenti minum pil KB, saya sempet ke dokter kandungan lagi. Tetep ke dr. Femmy, karna mens juga jadi berantakan. Nah, dr Femmy merujuk saya utk tes darah, utk periksa glukosa puasa dan glukosa puasa +2, dan lagi2 hasilnya sama kaya dulu. Diabetes tipe 2, yang insulin dan glukosa yang ngga stabil. (Btw ngga ngerti juga nih, karna PCO itu jadi diabetes tipe 2, atau karna diabetes tipe 2 itu yang membuat PCO). Singkatnya obgyn meresepkan saya "gluchopage" lagi, ber-strip2 tuh untuk 30 hari, dan seinget saya masih aja diresepin itu sampai bulan depannya, dan bulan depannya lagi. Karna mens tetap ngga stabil (saya minum obatnya jarang2 juga).
Oh ya, karna waktu itu hasil cek darahnya, kurang bagus. Jadi setelah dihitung sama dokter, scorenya ngga boleh lebih dari 10. Dan score hasil tes darah saya saat itu 9.5, dokter bilang, jangan sampe hamil dulu, karna klo hasil kaya gini dan hamil, kemungkinan cacat janin jadi tinggi. Saat itu saya kontrol bulan April, saya ingat betul karna itu di bulan saya ulang tahun.
Dr. Femmy meresepkan profertil juga, katanya mau diterapi sel telurnya. Klo sel telurnya berkembang,  berarti kedepannya harusnya mens ngga masalah. Tapi hanya boleh diminum klo menstruasi sudah teratur. Jadi cuma saya beli aja 5 butir profertil itu, tanpa sempet saya minum. Dan kebetulan waktu itu saya dapat free gift dari Female Daily, Kaplet Wulandari Sariayu. Klo saya baca, katanya itu bagus utk kesehatan rahim.


Berikut gambarnya

Lalu ketika alergi kambuh dan saya batuk2 terus hampir 2 bulan, saya ngga sempet utk minum gluchopage lagi, karena saya terus2an minum obat batuk dan obat alergi.


Tanggal 8 November 2017 saya jalan2 ke Hongkong sama temen2 saya si L4 (lu lagi lu lagi), disana ya wara-wiri seperti biasa, jalan kesana kemari, pulang malem, nginep di Macau, balik lagi ke Hongkong ngga ada rasa apa2. Sehari sebelum berangkat ke Hongkong, saya coba tespek. Entah kenapa saya feeling aja takut hamil, karna kayanya bulan itu lagi hot banget ama suami hahahahahahaha. Pas tespek ternyata negatif, okelah sebetulanya saya lihat ada garis satu lagi, tapi samaaaaaar banget, jadi saya anggaplah itu mungkin negatif atau mungkin saya salah liat. Jadi ya udah, berangkat, bawa pembalut, ngga bawa mukenah karna saya pikir paling juga mens pas disana.


Tanggal 12 Nov, pulang dari Hongkong pas di bandara, baru ngeh pas petugas tanya, "is there any pregnant passenger?" saya jawab "no", tapi sembari mikir, eh iya nih telat dong gue.
Sampe rumah, sambil unpacking, saya ambil lagi tespek, lalu periksa lagi.
Dan, voilaaaaaa...

Tespek langsung positif. Baru periksa ke dokter akhir November, dan sudah 7w, sudah ada detak jantungnya juga.

Notes utk mommy yang lagi TTC, saya selalu catat jadwal mens dan jadwal ML di aplikasi my calendar di android, yang punya siklus 28 kaya saya dan barangkali mau coba, siapa tau kan tanggal ovulasinya sama.

Kehamilan kedua saya ini HPHT 10 Oktober 2017 (jadi 10 Oktober itu dihitung sebagai mens hari pertama yaaa..)
Mens dari tanggal 10-16 Oktober 2017.
Lalu saya ML tanggal 
- 21 Oktober (11 hari dari tanggal mens pertama)
- 23 Oktober (13 hari dari tanggal mens pertama)
- 25 Oktober (15 hari dari tanggal mens pertama)
Hahahahahaha , bener2 hot ngga sih? :D
- 28 Oktober (18 hari dari tanggal mens pertama)
- 1 November (22 hari dari tanggal mens pertama) 
- 5 November (26 hari dari tanggal mens pertama)

Imo, yang bulan Nov sih kayanya udah bukan tanggal ovulasi. Menurut dokter kandungan, tanggal2 masa subur dan ovulasi itu adalah 12 hari setelah mens, selama 12 hari juga. jadi klo yang lagi promil, biasanya disarankan utk ML selang seling 6x selama 12 hari. Dan ketika udah lewat masa subur, dokter akan melarang utk ML karna takut janin yang udah nempel akan luruh lagi klo rahimnya ngga kuat. Itu sih dulu pesen dokter waktu saya program hamil anak pertama.

Jadi mommies, tetap semangat ya. HTH 



No comments:

Post a Comment