Thursday, June 21, 2018

The labor

Kehamilan kedua ini saya bingung soal akan melahirkan dimana.
Dulu waktu hamil anak pertama, saya ngga punya BPJS. Jadi lahir di klinik, dengan obgyn yang memang handle dari pertama program hamil, dari anaknya masih biji, sampe lahir.

Hamil yang sekarang, punya BPJS. Tapi dari hamil pun periksa selalu pribadi, tetap dengan dr Femmy Zulkarnain di Hermina Galaxy. Dan seperti yang kita tau, BPJS itu hanya bisa lahir dengan jasa dokter klo kita c-sectio, klo normal ya lahirnya di faskes sama bidan.
Dan itu yang bikin galau.. karna saya juga ngga tau alamat bidan rekanan dimana, bidannya kaya gimana (bisa nanya sih sebenernya sama petugas faskes, tapi saya males nanya) lalu ada pikiran sendiri yang, "masa dulu kakaknya lahir sama dokter, trus skrg adeknya lahir sama bidan". Padahal mah lahir dimana pun sama aja toh, yang penting anaknya sehat.

Btw, dari kehamilan 15w dr femmy udah kasih tau, kayanya mah cowok nih. Dan bener di bulan depannya dokter bilang, "100% deh cowok ini, udah keliatan kelaminnya"
Padahal mah klo nurutin pengen, saya maunya punya anak perempuan lagi biar Bulan ada temennya. Tapi ya sudahlah, apapun yang penting sehat.
Kiddos, yang akur ya klo udah gede.

Lalu hamil kali ini juga nemu tempat USG 4D yang murmer.
Saya USG 4d pas di uk 29w 2d, karna pengen tau organ2 tubuhnya. Penting banget karna suka takut aja selama hamil, takut ini takut itu.
Klinik USGnya di daerah condet, namanya MND clinic. Bisa dilihat di IGnya ya.. Obgynnya cowok, namanya dr. Ardian Suryo Anggoro SPOG. Saya hanya bayar 450K utk USG dan daftar baru.

Klo waktu hamil anak pertama, saya USG 4D di Hermina Bekasi, SPOG fetomaternal, Dr. Yuditia. Klo pengalaman saya sih beda ya dr. Yudit dengan dr. Ardian ini. Waktu dr. Yudit, bener2 yang dilihat pertama adalah organ tubuhnya, liat muka si bayi sih biasa aja, tapi waktu lihat organ2 dalamnya, yang ginjal, jantung, itu konsen banget.
Sama dr. Ardian, saya ngga diinfo soal ginjal dan jantung bayi. Beliau konsen nyari muka anak saya, karena si dedek juga goyang2 terus, jadi hanya dapat kaya gini.
Ketika tiba2 selesai, saya tanya "dok, jantung, ginjal dan organ2nya bagus ngga? ada masalah ngga?" Dokter jawab, bagus koq bu, klo itu bisa dilihat dari ketubannya. klo ketubannya bagus, organ dalamnya juga udah pasti bagus"
Oke, noted. 
Saya cuma bilang suami, biayanya juga beda sama Hermina Bekasi. 
Dan lagi, dr Yudit kan spesialis fetomaternal, tentu lebih detail kan utk urusan USG ini.


Kembali ke masalah lahiran, setelah USG di Condet, saya udah waktunya kontrol lagi.
Inilah masalah dimulai. Saya daftar melalui aplikasi Hermina yang di android, karna udah ngga bisa lagi tuh daftar lewat WA/tlp sejak berbulan2 lalu. 
Saya pilih dr Femmy, hari apa aja ngga ada jadwal. Sampai saya majuin ke jadwal bulan Juni, keterangan di aplikasi masih "No schedule". Mulai panik dong, secara hamil udah gede klo harus ganti dokter kan males. Itu menjelang Ramadhan tuh. 
Saya inget dr Femmy pernah bilang akan pindah ke Omni Pekayon, tapi RSnya pun belom jadi. Kemanakah beliau?
Suami saya yang inget, kenapa ngga WA dr Femmy aja tanya. 
Cerdas juga dia yah.. akhirnya saya WA lah subuh2, nanya apakah dokter lagi cuti atau libur, karna di jadwal ngga ada. 
Sekitar jam 6 pagi, dr femmy tlp saya via WA, dan ngabarin ternyata ada masalah kaya di Hermina Galaxy. Jadi dr Femmy hanya dikasih jadwal hari Selasa.
Lalu dokter femmy bilang, beliau akan kirimin alamat tempat prakteknya.

Dan wa dari dr Femmy pun masuk
Ternyata beliau masih praktek di Klinik Sayang Bunda, Wibawa Mukti. 
Tempat saya ngelahirin Bulan. Yeay senangnyaaaaaaa....
Dan beliau praktek di Klinik itu setiap hari kecuali Selasa dan hari libur.
Mommies yang lagi hamil gede2, dan senasib sama saya kemaren, yang nyari dokter Femmy ngga ketemu, bisa ke Klinik Sayang Bunda ya.

Alamatnya di Jl. Wibawa Mukti II No. 48 Komsen Jatiasih 
No. tlp 021-82731612
Dia kliniknya bareng sama apotik K24, dan ada Indomaret disampingnya. 
Ada es Sinar Garut juga tuh klo malem disitu :D

Akhirnya saya kontrol di Sayang Bunda tanggal 6 Juni, UK 34w dg BBJ 2117, dan saya minta klo bisa lahiran disana aja. Karna takut klo lahiran di Hermina galaxy akhirnya bukan dokter femmy yang pegang. Kata dokter, nanti di cek kondisi terakhir, klo semua bagus, boleh lahir di Klinik, karena di Klinik kan ngga ada Pediatric. 
Tapi klo indikasi medis kurang bagus, dr femmy prefer bantuin lahir di Hermina, dengan peralatan yang lebih lengkap dan dr. Anak juga lengkap.

Jadi mari kita tunggu Senin depan ya...
Dokter masih cuti sampai tanggal 24 Juni.
Doakan saya ya, mommies :*

No comments:

Post a Comment