Tuesday, November 12, 2013

My promise to share any information about my TTC


Akhirnya saya menepati janji untuk sharing.
Soal TTC, apa aja yg saya lakukan sampe akhirnya hamil.

Tapi dari pengalaman saya sendiri, jangan gampang tergoda kaya saya tanpa mempertimbangkan lokasi.
Percaya deh, akan lebih nyaman klo kita promil di tempat yg ngga jauh dari tempat tinggal/ tempat kerja.
kecuali mungkin klo yg sabar banget, punya kendaraan, punya waktu yg sangat luang.

Saya cuma bermodal naik motor, dan contoh. dari 10 perjalanan, 8 kali itu pasti jadi ribut sama suami.
masalah yg sepele pun jadi besar. 
karna saya ngga sabaran, suami yg males pergi jauh2 di hari sabtu yg panas dan macet. karna kebetulan dokter adanya siang.
karna ketika saya pindah promil ke galaxy, dan rumah saya di jatiasih, setiap jalan itu selalu enjoy.
kita anggap kaya lagi jajan aja, karna memang kita sering jajan di galaxy.


Termasuk ketika prof yun nyuruh saya untuk insem, dr. femmy bilang dengan optimisnya :
"saya merasa ibu ngga perlu insem, ibu masih muda, masih bisa hamil normal"
saya bilang "tapi suami umurnya udah 34, dok" kata dokter femmy "gpp bu, laki2 mah makin tua makin jadi :D "
juga dia bilang : saya akan bantu dengan ilmu yg saya punya. klo ternyata ilmu saya ini ngga cukup, saya akan refer ibu
ke klinik yasmin. insyaalloh ya, semoga rejeki ibu ada disini"
dan saya mulai positif thinking.
beda saya prof yun yg cuma kasih obat aja tanpa periksa, dr.femmy selalu tanya saya dengan detail.
dan positifnya lagi, beliau mau lho bales whatsapp kita.



Dan saya ngga tau ya, apa karna tingkat stress yang berkurang, atau karena memang udah rejeki aja.
yg pasti saya ngga pernah lagi ribut2 setiap mau kontrol. 
sampai ketika saya hamil, suami juga belom pernah cek sperma lagi. lagi ngga tau kondisi terakhir gimana.
yg pasti suami saya minum jamu empek cirebon pun ngga rutin..

klo dari psikologi sendiri, dan mungkin ini klise ya (menurut saya dulu)
saat kita udah pasrah, mungkin baru saat itu tiba *eh saya juga ngga pasrah2 amat sih :D
saya sangat tau, sulit koq untuk ngga mikirin. apalagi saat tau temen2 yg baru nikah pada hamil, pasti kepikiran. saya sangat merasakan hal itu juga.

pokonya waktu dokter bilang ada 2 telur yg besar2 itu, saya cerita sama temen2 saya di kantor.
ya mereka sering menyemangati saya bahwa nanti juga saya akan hamil. 
jadi setelah periksa hari itu, saya berdoa sama Alloh supaya saya bisa segera hamil.
"saya pengen tau klo saya bisa hamil, klo pun saya keguguran gpp ya Alloh, yg penting saya tau klo saya bisa hamil"
saya cerita itu ke suami, dan suami bilang "apa2an coba doa kaya gitu. kamu mah klo keguguran bisa besok2 ngga mau 
sholat lagi kali gara2 kecewa. santai aja lah, ngga ada yg nyuruh kita buru2 koq".

nah dari situ saya sadar klo omongan suami saya itu bener banget. 
saya yg ngga sabaran gini, udah nunggu hamil lama dan keguguran, ngga gila aja juga udah bagus..
akhirnya sama istighfar, sholat taubat, dan saya doa. sampe nangis lho.
saya baca bismillah, dan saya bilang "saya ikhlas ya Alloh, engkau boleh kasih saya kapan aja disaat yg tepat karna hanya engkau yg
tau kapan waktunya. saya akan tetap berdoa, dan meminta. kalaupun engkau belum kabulkan, maka jadikanlah doa saya itu pahala,
dan kirimkanlah pahala itu untuk almarhumah nenek saya"
dan setelah saya bisa berdoa begitu, hati saya bener2 rasanya plong banget. toh saya seneng masih bisa terus mengirim doa untuk 
nenek saya.

setelah itu kegiatan saya tetep sama, sholat dhuha 8 rokaat, doa minta anak seperti nabi zakaria, trus setiap selesai sholat,
saya kirimkan fatehah untuk orang tua, nenek, guru2 saya dipesantren dan saya baca fatehah untuk para malaikat 
dan saya khususkan untuk malaikat mikail sambil bilang pake bahasa arab "tolong bantu minta sama Alloh untuk berikan saya 
keturunan". hihihihi.. tetep ya mintanya. walaupun udah ngga ngoyo..

saya mulai bikin passport dan berencana untuk liburan, nikmatin masa2 berdua sama suami.
dan ternyata.... saya hamil :)
tepat setelah 3 tahun menunggu, dan tepat setelah 1 tahun program hamil..

4 comments:

  1. Halo mba tia.. saya mau tanya dong, waktu konsul pertama ke dokter femmy itu pas lagi haid atau beberapa hari sesudah haid?
    saya pernah konsul di Hermina Galaxy juga dgn dokter Indang, di USG transvaginal katanya tidak ada apa2 (tdk ada miom, kista) tapi ovarium kanan susah dilihatnya.. Terus dikasih vitamin E dan profertil, tp belum ada hasil nih :((

    ReplyDelete
  2. Halo juga, mbak.. Konsul pertama waktu promil itu pas hari pertama mens, dan langsung usg transV. Saya waktu itu disuruh langsung cek darah, karna promil sama dokter sebelumnya kan pernah dikasih gluchopage itu. Setelah hasil cek darah keluar, dan positif insulin ngga stabil karna pco makanya dokter Femmy menterapi saya dengan gluchopage itu, sambil minum profertil di siklus bulan depannya. Dan alhamdulillah langsung positif hamil akhir bulan berikutnya..

    ReplyDelete